RSS Feed

Ilmu Pengetahuan Sosial

Posted by: Anik / Category:


Pengertian IPS dari para ahli
Rumusan tentang pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli IPS atau social studies. Di sekolah-sekolah Amerika pengajaran IPS dikenal dengan social studies. Jadi, istilah IPS merupakan terjemahan social studies.
Dengan demikian IPS dapat diartikan dengan "penelaahan atau kajian tentang masyarakat". Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang IPS, maka penting untuk dikemukakan beberapa pengertian social studies dan IPS menurut para ahli.
Edgar B Wesley menyatakan bahwa sosial studies are the social sciences simplified for paedagogieal purposes in school. The social studies consist of geography, history, economic, sociology, civics and various combination of these subjects.
  • Penjelasan: social studies adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan paedagogieal di sekolah. Studi-studi sosial terdiri dari geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, kewarganegaraan, dan berbagai kombinasi mata pelajaran ini

John Jarolimek mengemukakan bahwa The social studies as a part of elementary school curriculum draw subject-matter content from the social science, history, sociology, political science, social psychology, philosophy, antropology, and economic. The social studies have been defined as " those portion of the social science selected for instructional purposes"
  • Penjelasan: studi sosial sebagai bagian dari kurikulum sekolah dasar yang menggambarkan isi dari subyek masalah dari ilmu sosial, sejarah, sosiologi, ilmu politik, psikologi sosial, filsafat, antropology, dan ekonomi. Studi-studi sosial telah didefinisikan sebagai "bagian dari ilmu sosial yang dipilih untuk tujuan instruksional"

Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
  • Penjelasan: Pendapat Moeljono Cokrodikardjo, IPS merupakan perpaduan dari berbagai ilmu sosial yang disatukan untuk mencapai tujuan intraksional, dengan menyatukan cabang-cabang ilmu berbagai ilmu sosial, maka IPS dapat mudah dipelajari untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Nu'man Soemantri menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: a) menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan, b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna.
  • Penjelasan: pernyataan dari Nu'man Soemantri, IPS merupakan pelajaran ilmu social yang disesuaikan bagi penggunaan program pendidikan di sekolah atau tingkatan sekolah serta memadukan cabang ilmu social menjadi sederhana.

S. Nasution mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
  • Penjelasan: Definisi menurut S. Nasution, IPS merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang berhubungan dengan sosial masyarakat dalam beberapa mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan social.

Tim IKIP Surabaya mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati, mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benar-benar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah-sekolah.
  • Penjelasan: Tim IKIP Surabaya berpendapat bahwa IPS mengkaji masalah hubungan antar manusia untuk memperoleh pemecahannya serta di sajikan dalam kumpulan ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah.

Menurut Sumantri, IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. 
  • Penjelasan: Dalam hal ini, Sumantri berpendapat bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial itu sendiri merupakan kumpulan ilmu-ilmu sosial yang dipilih dan disesuaikan bagi penggunaan program pendidikan di sekolah atau kelompok belajar lainnya yang sederajat.

Saidiharjo menegaskan bahwa IPS merupakan hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, politik.
  • Penjelasan: Kalau Mulyono menekankan pada pendekatan untuk mengapikasikan IPS, Saidiharjo lebih menitikberatkan IPS menjadi semacam kajian atau kumpulan dari beberapa mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan sosial.

Menurut Dr. Nursid Sumaatmadja, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu mata pelajaran yang kajiannya fokus pada seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.        
  • Penjelasan: Dengan kata lain, IPS ini merupakan suatu mata pelajaran yang bersumber dari kehidupan sosial di dunia sehingga mengajarkan kita agar lebih mengetahui mengenai kehidupan sosial apa yang telah terjadi, yang akan terjadi, maupun yang seharusnya terjadi.

Menurut Dwi Anik Listiyowati, Ilmu Pengetahuan Sosial adalah perpaduan dari berbagai ilmu sosial yang disatukan untuk mencapai tujuan intraksional di sajikan dalam kumpulan ilmu sosial yang ada dan berbagai masalah sosial untuk dapat memperoleh pemecahannya serta disesuaikan bagi pengguna program studi pendidikan.


2 komentar:

  1. Dave Thames Says:

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

  1. Rai Vinsmoke Says:

    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar